Kamis, 11 Juni 2009

WOMAN’S CASE!

Ahhhh, bukannya gw sok melankolis! Ato cengeng,,, ato apalah orang-orang bilang. Yang jelas hari ini gw ngerasa sepi n sadar kalo gw emang ga suka sendiri.Halahhhhh,,,
Pagi yang dingin ini, semakin mengingatkan kenangan siang tadi, dan bahkan beberapa taun lalu! Ugh,,

***

Orang-orang berseragam putih-putih hilir-mudik. Gw baru turun dari si “hitam”. Sambil nenteng plastik berisi buah-buahan.
RUANG VIP BERSALIN!
Gw masuk, dan disana terbaring satu perempuan! Muda, manis, keibuan and I really love her much! She’s more than a friend. Meski dengan memegang perut buncitnya, dia masih tersenyum. Mencoba bikin jokes supaya bikin gw keep smiling (untuk saat ini hanya senyum terpaksa yang bisa gw kasih! Coz mana bisa gw senyum kalo liat keadaanya??? JANGAN GILAAA DOOONG! UGH).
Perempuan didepan gw ini adalah sahabat gw, sahabat terkuat n terhebat yang pernah gw temui (duluuuuu, setiap gw ngelakuin ”hal-hal bodohhhh!!”, dia tak pernah menggurui ato sok nasehati. Tapi lebih ke ngingetin gw! Kalo gw lebih terlihat manis kalo gini, ato gw akan keren kalo gitu!). Sumpahhhhh, hari ini dia bikin gw mati gaya! Dibikin nangis n ga bisa ngomong! Bahkan buat ngucapin “sabarrrrr!!!”. Susaaaahhhh, maaaan!!! Pupuslah sudah gw bisa nyaingin aktingnya CHELSEA OLIVIA yang jago banget masang happy face-nya tiap waktu.
Hhhh, dia bener-bener kuat! (temen gw!! Bukan CHELSEA OLIVIA!!). DIA tetep tabah ketika bayi dalam kandungan ‘yang amat sangat dia inginkan’ meninggal kemaren pagi!! Sebuah sms yang bikin gw syok “The baby passed away, Na”, ato lebih tepatnya calon bayi, yang umurnya 23 minggu & yang seminggu lalu dia bilang, “Na, kamu n anak-anak MAGNIFICENT SE7EN bakal ada anggota baru nih!!”.
Aaah, tangis gw ga bisa ditahan ketika dia bilang, “Aku ga bisa mertahanin bayi akuuu! Jantungnya dah berenti berdetak!! Sama kayak kejadian yang lalu!”. Yup, udah ini kali ketiga dia kehilangan calon bayinya. Tapi bisa dibilang kali ke 3 ini bener-bener nguji her patience & firmness. Dengan menahan sakit, dia masih tersenyum! Senyum pahit yang gw sendiri pernah rasain ketika beberapa taun lalu gw divonis kena “endometriosis” ato ketika kali ke 2 gw mastiin,”DAMN!!”. Pantes ajahhh!!!!! Tiap gw haid pastinya bikin males ngirup oksigen, muka n body dah kayak mayat idup n yang lebih parahhhh adalah keinginan nabokin orang yang amat dasyat (hahaha, saraaapp!! Yang masalah nabok bukan ciri orang yang kena endometriosis cuy!).

Temen gw lebih kuat n lebih beruntung, karena dalam sedihnyaaaa,,, ada seseorang yang selalu genggam tangannya! She n her husband MORE THAN STRONGER!!
Me??? Uugh, waktu itu gw sendiri, ga ada tangan yang bisa gw genggam atopun muka yang bisa gw acak-acak n tampar-tamparin (hahaha, sadisme! Tapi ini bukan pula efek dari endometrosis lho!! Bawaan orok mungkin! *sigh*).

***

Ingetin gw kalo SEMUA PEREMPUAN adalah KUAT! Seperti lagunya LELAKI,“DENGARLAH-DENGARLAH WAHAI PARA LELAKI, WANITA ADA TUK KAU LINDUNGI,,,”. Jadi mohon kepada pemerintah, jangan hanya suaka margasatwa yang layak dilindungin n dilestarikan, TAPIIII wanita-wanita juga harus! LAYAK N PATUT DIBUDIDAYAKAN (halahhh, disamain ginihhhh!!).
Guys, gw disini bukan untuk mengasihani atopun dikasihani! Tapi lebih ke share! KEEP FIGHT terhadap semua keadaan!
FYI, kasus temen gw adalah salah satu kasus virus rubella. Virus rubella biasanya masuk lewat darah ibu hamil. Virus ini lalu melewati plasenta, bahkan dapat langsung mengenai janin. Virus otomatis mengganggu janin yang sedang tumbuh atau mulai membentuk organ vital, termasuk pembentukan sususan saraf pusat atau otak. Dan virus ini menyerang si ibu yang memiliki antibodi rendah dan biasanya menginfeksi tubuh si ibu lewat udara. Makanya disarankan ibu hamil menghindari keramaian, seperti supermarket, pasar, dan rumah sakit (karena selain mengancam janin, juga mengancam dompet suami! Hahaha,,,).
Okeh, kasus ENDOMETREOSIS adalah kasus yang banyak dijumpai perempuan muda, (dan cantik kyk gw getoh! Haha,,). Ok seriously, ENDOMETRIOSIS biasanya menyerang remaja dan wanita usia subur, bahkan pascamenopause. Namun, kini penyakit reproduksi itu juga menyerang anak belasan tahun (hmmm, gw kemasuk yang belasan ini ga ya? hehe). Endometriosis terjadi ketika ada pertumbuhan jaringan endometrium di luar rongga rahim. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu end (sisi dalam), metra (rahim), dan osis (penyakit). Jadi secara keseluruhan dapat diartikan sebagai penyakit yang berasal dari sisi dalam rahim. Penyakit ini memang tidak mematikan, tapi penderitanya bisa dibuat merana sepanjang hayat akibat nyeri berkepanjangan (mampus dahhh!! Bener gitu yang masukin ni info??).
Yang gw alamin mungkin hamper semua perempuan alamin juga, ketika masa haid nyeri, bahkan sempat pingsan. Dan jangan salah, ga smua yang nyeri haid ituh kena endometriosis! Harus dilakukan tes lanjutan untuk lebih pastinya! Gw sendiri blum cek ulang. Tapi kali ke-3 gw ke dokter, yang waktu itu gw dah pengen nyilet2 perut gw tiap haid (saingan ma MANOHARA yang disilet2 ma pangeran Kelantan! Halahh,, MANOHARA LAGEEE?? HUAAHHH,,, HARAP MAKLUM, LAGI TREN MIS MANOHARA PINOT!!). Nah, si dokter bilang, “Kayaknya kamu memang ENDOMETRIOSIS! Coba kamu ke lab n minta uji lanjutan!”. Aaah, najis tralala gw. Sampai detik ini gw ga pernah mau di lab. Pernah suatu hari gw konsul bareng temen gw yang punya masalah sama, n guess what? Kita disaranin minum pil KB biar ngurangin rasa sakit (wadoh??? Najis tralala dah). Gw pernah minta obat pereda sakit ke dokter, dan emang iya sakitnya emang mendingan! Tapi pindah ke senut-senut kepala yang bukan main edannyaaaaa!! Alternative terakhir adalah minum pil KB???? INI ga pernah gw lakuin! Sabodo amat ah!! So, tiap bulan gw pasti ditemenin lagunya MAHADEWI FT MULAN JAMEELA “SAKIT MINTA AMPUN!” (WHAT A-DAMN-COOL SONG!).

Sekarang, ketika gw ngeliat pengorbanan teman gw tercinta dengan ketabahannya akan hidupnya,,, gw makin mensyukuri kehidupan gw! Setidaknya sekarang gw lebih percaya kalo suatu hari ketika tangan gw ada yang genggam dan masrahin mukanya buat gw acak-acak (hahaha, teuteup!), gw yakin one day I’ll have a baby! So, don’t too worry, SEMUA PEREMPUAN BISA MENJADI IBU!



BUAT SEMUA PEREMPUAN, BUAT DEWI (my bestfriend!), n buat GW (tentunya!): “SEMOGA BISA MENJADI IBU YANG THE BEST!”


PS: yang jadi foto model is my-LOVELY NIECE "ATAYA KENZA"! A LITTLE STARS FROM HEAVEN!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar