Rabu, 13 Mei 2009

Bandung, my second home!!

Bandung as 2nd home buat gw. Disini gw belajar gimana tinggal sendiri, mandi sendiri, bobo sendiri (hehe, lebayyyyyyyyy!).
Gw tercatat sebagai anak FOOD-TECH UNPAS!! Tau kan? Yang di daerah Setiabudi, sebelahan ma “surabi imoet” ma Enhai itu looh.^_^
Believe It or not, selama 4 tahun 6 bulan gw netap di kota kembang inih, gw udah 6 kali ganti kostan. Fiuuuhhh!! Trouble maker-kah gw??? Oh, noooooooo,,,bukan gw yang bermasalah!! Tapi lingkungan yang bermasalahhhhh! Okeh, bakal diperjelas disinihhh,,,,
Kostan pertama berlokasi di jalan Paledang, daerah Karapitan, dimana banyak tukang baso malang yang mangkal disitu. Ahaha, emanggg! Jauh bener ya kostannyaaaaa??? Hu-uh, ni kostan emang dari semenjak gw ikutan bimbingan belajar sampe gw ga keterima dimana-mana dan akhirnya terdamparlah di kampus yang sedikitnya memakan waktu 45 menit dari sinih. Fiuuuh, apalagi kalo udah kejebak macet di daerah Cipaganti! Emaaakkk, bisa sejam tuh nyampe kampuz. Okeeeh, gw certain kisah hidup gw selama dikostan yang emang ada sodaranya tetangga gw juga tuh!. Halahhh, ga ada hubungannya bangggedddd!! Ni kostan campur! Dimana and yang mana gw adalah penghuni terbaru sekaligus termuda, terkecil, dan terlucu sekostan inih (ya iyaaaalaaahhh!! Huekk!). Ni kostan menganut “bhineka tunggal ika”. Dimana penghuninya terdiri dari berbagai suku, dari Padang, Batak, Jawa, n Sunda ada. Dan kalo pas ngobrol, huaaaaaahhh,,, serasa di Tanah Abang dah!! Ngomongnya kayak yang pake TOA!! Semuanya ada sepuluh kamar, 6 cwo dan 4 cwe. Yang cwe udah kerja 2, 1 lagi nyelesein Tugas Akhir, dan yang terakhir dan tercantik adalah gw yang notabene marucan (mahasiswa baru nan cantikkk! Hahaha,,,SIRK KAN LOOH !!). Selebihnya cwo-cwo disana hanyalah abang2 yang mendekati om-om lapuk (haha,,, sorry bang! KIDDING!). Honestly, gw betah banget di kostan ini kalo ga si babeh yang ngebet mindahin gw ke kostan cwe atopun asrama muslimah sekalian di daerah Da’arut Tauhid! “Biar sambil belajar agama, Na!”, gitulah alesan si babeh. Ah, bersama abang-abang n mbak-mbak yang sering berbaik hati ngajakin jalan-jalan and beliin makanan tiap pulang kerja, gw serasa punya keluarga besar yang bahagia. Biar kata mereka kadang ngajak maen PS nyampe subuh, , berendam tengah malem di ciater, nyeret keluar malem-malem sekadar nyobain nasi timbel di dago atas, ato gedor-gedorin pintu gara-gara ngajak (plus maksa) lari bareng ke gasibu yang berakhir dengan tatapan sinis cwe-cwe lain yang ngeliat gw dikelilingi cwo-cwo keren nan perkasa, saingan ma model-model L-men (hahaha,,,!!).
Pindah ke kostan 2, tanpa acara perpisahan dan derai air mata (halahhh!!). The only word i can say is “bang, makasih ya buat semuanya!! Miss this place already!! Sering2 nengok ya!”. Sebuah rumah, dengan 4 kamar yang terletak di daerah Setiabudi, daaaan “what a surprising!!”, gw sekostan dengan adek-nya “abang2 gw di kostan lama”. Mbak Desi n Devi, adalah adek dari Bang Dodi yang mana “beliau” adalah tetua kostan pertama (hahaha, beliau??? Ketauan dah tuirnya dirimu, bang! Pardon me, master!! Ughhh,, huhuhu!!). Betah banget gw di 2nd kostan ini, tapi berhubung yang punya kostan cereweeeeeeeeeet, trus peliiiiiiiiiiiiiiit,,, gw jadi ilfil. Mana ada salah satu penghuni kostan yang melihara “puppy”. Huaaaaaaaahhhh,,, alhasil tiap mo berangkat kuliah gw kudu kejar-kejaran dulu nyampe pintu depan!! Ni kostan ga se-colorfull yang pertama. Semua cwe dan gw masih dengan kandidat yang sama “as the youngest”. Kostan ini sebenernya bisa dibilang kostan cuex bebex, kenapa eh kenapa??? Hmm, itu karena pas lagi heboh-hebohnya penggerebeukan kostan di daerah Setiabudi dan kostan inilah yang ga ambil pusing. Lah, mo ngegerebeuk apaan?? Palingan anak anjing yang hobbynya ngejar-ngejar gw tiap pagi yang sering kumpul-kumpul ga jelas ma anak anjing sebelah (uhuyyyyy!). Uhm, masalah muncul ketika kostan sebelah kena gerebek… alhasil bikin was-was enyak gw. Meski dengan amat sangat jelas, singkat dan padat gw certain, “everythings ok!! I’m clean, mom!!”. Halah, belagu gitu. Yang jelas, gw pindah (lagi!). bukan masalah penggerebeukan ituhh, tapi si bapa kostan dengan semena-mena naikin harga kostan dan bikin semua penghuni hengkang tanpa tersisa. Mampus tuh! Malahan mbak Fitri (yang sekarang udah almarhum! Hiks), pernah bikin tulisan yang berjudul “KOSTAN YANG HARUS DI HINDARI DI DAERAH SETIABUDI”.
Kalo ST12 bikin lagu “CARI PACAR LAGI”, gw bikin puisi “CARI KOSTAN LAGI!” (haha, dangdut banget ga si?). Dan nemulah gw dengan kostan ke 3, letaknya di belakang kampussss yang edan mampusss deketnyahh!! Kostan bertingkat 2, dimana yang bawah khusus cwo dan atas bagean cwe (secara teori, ugh!!). Meski dibilang kostan campuran. Tapi ibu kostannya itu looohhh!!! Saingan ma sipir tahanan penjara waria deh (hihihi,,), bapa kostannya aja melihara anjing kampong yang siap dilepas kalo udah ngeliat gelagat anak-anak cwo sok berkunjung ke kamar atas! Hiyaaaaaaaaaa,,, kesian dahh! Kostan atas paling ujung dihuni ma anak cwo jurusan pariwisata di sekolah tinggi pariwisata daerah setiabudi. Lho? Katanya buat cwe? Yup, makanya gw bilang secara teori, gw sendiri ga tau alesannya kenapa tu anak bisa stay alone disituhh! Ga tau anak angkatnya yang punya kostan, ato emang doyan yang pojok-pojok!!. Yang jelas gw hanya beberapa kali ketemu muka ma tu cwo. Whateverrrrr. Kebanyakan penghuni sini berdarah Sunda-Jerman (Halahhh, narsis!!). Dari Sumedang, Kerawang, Sukabumi, Banten, sampe Tasik ada. Sisanya Samarinda, Bengkulu, sama Bali. Tapi semuanya memakai bahasa kesatuan, yaitu BAHASA SUNDA! Hihihi. Seringnya gw maen ma anak-anak bawah, meski dalam pengawasan tajam sang sipir plus anjing penjaga! Gw dengan santainya maen poker, nonton bola bareng dengan ngorbanin tv-nya a ruli yang digotong bareng-bareng ke depan kamar bang Nano. Alhasil gara-gara bikin keributan malem-malem, dapet tegoran dari ketua rt setempat. Dooh, kacauuu! Intinya, kostan ini ngingetin gw dengan kostan pertama yang pulkolor (haha,, ya iyalahhh,,, secara tiap mo masuk kamar salah satu dari penghuni bawah selalu disuguhin pemandangan kolor-kolor ijo yang nangkring dengan manisnya di jemuran depan! Huekkk). Sayangnya ada kejadian mistik yang bikin malem-malem gw kyk sebulan & yang bikin hidup gw dan sebagian penghuni kostan moving on faster. Kali ini perpisahan dengan rasa haru, meski tinggak 4 bulan, tapi serasa 4 tahun rasanya kebersamaan ituhhh. Ketika gw pindah ke kostan khusus cwe (lagi), semuanya berebut bantuin gw! Halahhh. “Ugh, makasih semuaaaa!! Kangen nyuci bareeeng kalian!! Ngitungin celana dalem biar ga dicolong salah satu dari kalian! Aaaand,,, kangen acara liliwetan qta!!! Huhuhu,,, srooot!!”.
Kostan ke 4? Haaaah,,, ni kostan gw namain “KOSTAN KARSO”, soalnya sesuai dengan yang punya kostan (uupss, buat anaknya yang mungkin sekarang udah jadi dokter!! "Qta-qta inilah yang bayarin kuliah loh dari duit kostan yang aduhai melambai-labai bikin kantong kering, celana sobek n BH compang-camping! hahaha,, piss yo!!"!! makasih udah nyediain tempat dimana gw akhirnya bisa punya "SOBAT-SOBAT TERCINTAHH!"). Lanjuuuuttt,, ada suara protes dari mulutnya nenk RiezKa, “Yahhh, yang bagusan dikit kek!! Kostan 45 gituuuh!”. Hehe. Kostan ini VERY FULL LADIES. Secara ada 20 kamar gitu looooooh. Dengan gerbang depan yang segede bagong! Ditambah gempoknya yang super duper BADAG alias AGEUNG (a.k.a maaannn, sooo soooo BIG, huh!!). Keluar lebih dari jam 10 malem, jangan harap masuk!! (kecuali ngeduplikat tu kunci gembok! Yippy, I get one!! Hihi,,). Ada 2 “makhluk sexy” lain yang bikin seru suasana kostan (haha, Mulan Jameela dijamin ngamuk2 ni!!). RiezKa Rowland, Novi Williams and me as a R_knowles! Haha, sekarang Destiny’s Child yang dapet penerus!. Okehhh, kita bertiga adalah makhluk-makhluk yang amat sangat dibenci dikostan ituhh. Secara tiap malem haha-hihi dengan volume lagu yang bisa dibilang “AMAT SANGAT MENYAKITKAN TELINGA!”. Where is the love-nya BEP, Most Girl-nya Pink, Honeymoon day-nya Arrested Development, sampe U’ve got a friend-nya MCfly adalah lagu-lagu andalan kita tiap malem minggu (dimana waktu itu orang-orang sibuk ngapel, kita ber3 sibuk nyiapin lagu and soundsystem di kamar si Riezka buat bikin orang-orang nyesel “bermalem mingguan bersama pacar tercinta! Huekkk!”). alhasil kita pernah damprat Teh Lina, alias penghuni tertua di kostan itu yang tinggal di kamar bawah yang lagi rajin-rainnya ngerjain tugas akhir. “Kaaaa, please deh! Teteh tuh lagi pusing mo sidang!! Konsentrasi teteh jadi buyarrrr! Bisa kan nyetel lagunya GA setingkat ma konser KRISDAYANT??? Ugh,,,!!!”, seperti itulah kata-kata mutiara yang diterima dengan amat sangat jelas oleh sobat gw tercinta, Riezka Rowland. (hihi, sorryyy,,, cuman dirimuh yang dimaki-maki!! Hihi,,,,!!). 2 tahun gw lalui di kostan ini, banyak senangnya!! Mulai dari bantuin ngerjain tugas fotografinya Novi yang sambil nungging-nungging fotoin ember dan vas bunga dari berbagai angle, nyampe tugas bantuin tugas marketing-nya si Riezka ma Rizma yang ngorderin jaket 35rban. (haha, itu tugas apa usaha nambahin uang saku???? Pisss ahhh!!). gw kira disinilah akhir perjalanan kostan gw. But the fact is,,, finally I must to move!! Kayaknya kisah hidup gw disinih bisa dibayangin kayak Beyonce yang mulai hengkang dari Destiny’s child buat nyobain bersolo karier (halahhh!). Demikianlah kiranya gw (waduh?? bahasanyaaaa,,,). Yup, gw pindah dengan meninggalkan se-ember air mata Riezka, segalon ingus Novi dan serantang Mie-nya si teteh kostan. Hahaha. Sebuah lagu mengiringi langkah gw menjauh dari kostan yang penuh gelak-tawa, sorak-sorai tukang es moni, and caci-maki “senior-senior” kostan. “Cause it's you and me and all of the people with nothing to do,,, nothing to lose! and it's you and me and all of the people,,and I don't know why… I CAN’T KEEP MY EYES OFF OF YOU!”. Hikkkssss,,,!!
Kostan ke-5 yang bertitle “KOSTAN AMBU 2” adalah kostan paling sepi yang pernah gw temuin. Cocok buat gw yang lagi nyari suasana tenang buat nyelesein TUGAS PERENCANAAN INDUSTRI PABRIK (PIP) yang butuh daya piker tingkat tinggi (setinggi gedung JALAK HARUPATNYA UNPAS! Haha,,). Bersama Ana, Yezi, dan Desi (uups, ni anak keburu pindah! so hanya sebentar bisa ngerasain kolaborasi qta!),,, tergabung dalam geng SPICE GIRL! Halahhh,,, okeh! 10 bulan gw lewatin di kostan bercat hijau yang tiap jam 10 dikunci dari dalem sama si tetehnya (yang mana kunci gembok dipegang just only with her). Betenya, gw yang sering bimbingan PIP nyampe jam 12 malem sering banget dimarahin. “Naaa, kamu kemana ajah?? Malem2 baru pulang!!”, “Naaaa, kalo bisa pulangnya jangan lebih dari jam 11 deh! Teteh mau kunci!”, dan aaaaaaaaaaahhh banyak banget omelan-omelan yang bikin kuping panas, idung meler n mata berair!! Setidaknya tugas PIP yang menyita waktu tiap malem di rumah a’yopi(bukan kemauan gw bimbingan malem2, cuy!!! ugh!) n seharian di lab lantai 4 buat konsultasi ma pa TANTAN selesei sudahhh. “Sorry girls, I must leave to find new atmosphere from the lastest project! Sayonaraaa,,, sayonaraaa!!”, gitu deh kalimat terakhir yang disambut jitakan para tante-tante centil ituh!!
Fiuuuuhhh, last but not least,,,, gw stay di kostan WIRA yang sekarang udah berganti jadi “ENTAH APA NAMANYA KOSTAN BERTARIF 450rb/bulan INIH!!”. Yang jelas zamannya gw disinih,,, belum ada wireless, kafe dan teknologi-teknologi supercanggih kek sekarang. Disinilah gw abisin sisa umur gw sebagai mahasiswa yang juga mencoba peruntungan menjadi asisten dosen BIOKIMIA, dimana hamper semua praktikan gw stay di kostan ini. Alhasillll tiap mo quiz ada aza yang minta dijelasin inilah,,,itulahhhh! Fiuuuuuhhh, sekalian aja gw kasih bocoran pertanyaan buat ujian praktek! Hahaha, AKHIRNYA SEBUAH RAHASIA LAMA TERKUAK SUDAH!!. Bersama anak-anak yang menginjak remaja inilah gw seakan belajar more ADULT, CALM and SERIOUS!!! Halahhh, secara gw ma si Dina-lah yang tertua di kostan WIRA tingkat 2. Fiuuuuhhhh,,,,!!! Waktu cepat berlalu, dari yang “the youngest” berubah jadi “the oldest”.
Honestly, ada kostan ke-7. Yang jelas itu kostan terakhir yang selama gw di bandung! Tapi dengan status yang berbeda, yaitu WORKER! NOT A STUDENT anymore. Hiks. Ni kostan yang bayarin kantor gw, selama masa karantina (halahhh, kek PEMILIHAN PUTRI INDONESIA ajahh!). yang jelas gw AMAT SANGAT GA BETAH & GA NYAMAN, meski disediain kamar mandi berair panas, sarapan pagi bertabur keju, atopun tempat jemuran yang segede lapang tennis indoor Senayan, TETEP ajah GW GA BETAAAAAAAAAHHHH! Alhasil ga genap sebulan gw resign dari kantor dengan ngambil gaji seadanya dan KELUARRRR dengan BAHAGIA dari kostan yang lebih mirip penjara orang-orang "epilepsy" yang tiap malem pulang pagi dengan mata merah n bau alcohol. Huekkk,,,!!
See?? I prove u that i'm not a trouble maker fucker, huh???
okeh,,okehh,,, gw masih ada kerjaan yang menanti! ntar gw lanjut dah!!! minjem kalimat RIEZKA-KU SAYANK aaahhh,,,
X.O.X.O,,, I'll be right back,,,!!

DESTINY'S CHILD WANNA BE!


AMBU 2 SELEBTITIS SHOW!!!

1 komentar:

  1. Ina,, gw Tami.
    gw bleh nanya ga ??
    Kosan yang d jalan Paledang - Karapitan,, gw bleh mnta alamat lngkpnya ga ??
    Soal'na gw lg nyari kosan d daerah situ euy.............. Thanks.

    BalasHapus