Rabu, 01 Juli 2009

sekilas INFO

Today was unforgettable,, seems like deJavu???? (huaaahhh, ngemeng2 aje? sok2an CINTA LAURA!!)

Mmmmmhhmmm, First day in JULY.... Bangun kesiangan!!!! truuuus lanjut ke mandi kilat n wuuuuuuuuuuussss,,, FLY! (hehe, ga deng,,)berangkat ke Dinas Kesehatan. jadi, singkat kata, hari ini ada rapat (ato diskusi??) disana! dimana n yang mana rapatnya dimulai jam 9. sedangkan gw bangun jam 8! nah, kalo dipake mandi, gosok gigi, pake baju, bedakan, trus sarapan kan mampus tuh telatnya? so, tanpa pake baju n bedakan (uhuy!) akhirnya berangkat jam 9 kurang 3 menit! hehe... BERLEBIHAN?

Yup, lanjuuuuut... actually, this's the 2nd time ikut rapat di DinKes. sebelumnya? ahh, males diceritain. yang pasti bikin gondok n pengen loncat dari lantai 5 gedung DinKes (haha, sooo immmmmmmposible! orang cuma 2 lantai kok!! hihi,,).

Dengan sedikit melanggar lalu lintas dimana (alhamdulilah) polisi yang berjaga cuma geleng2 kepala ketika gw nyerobot lampu hijau (?????). haha,,, prolog yang garing ya?

okeh, lanjuuut,,,

setelah berbasa basi baso dengan tukang parkir! naiklah ke lantai 2. kali ini rapat diadain di Lt 2 Aula Koperasi Warga Kesehatan (Jl. Tanuwijaya TSM).
Masuk dengan muka 'badak', coz rapat udah dimulai 15 menitan yang lalu. duduk dipaliiiiiiiiiiing belakang (beda ma rapat pertama, ketika gw sok2an duduk paling depan! padahal? waeeee, sok2an belagu gitu tuh! ato biar orang2 liatin gw?!, "manis banget ni anak!" gitu kali ya pikir mereka! haha... NGAREUP!). Tak disangka tak diduga, ada wajah yang tak asing duduk manis di deretan paling depan! "Heyyy..", reflex gw bersorak yang disambut pelototan ibu-bapak moderator n seluruh isi ruangan (hihi).
rapat berjalan alot (sealot daging kambing yang mati gara2 kecapean habis dikejar2 pemilik kambing! hihi,,). Bisa dibilang ini bukan rapat, tapi penyuluhan malahan ngingetin gw ketika kuliah umum dulu (5 taun yang lalu tepatnya! huaaaahhhh,,, lama juga ya?). Untungnya dateng telat adalah ga perlu dengerin sepatah limabelas-patah kata moderator dan kawan2nya. tapi langsung ke topic yang akan dibahas, yaitu Informasi Obat, Obat Tradisional, Kosmetik, Pangan dan BAhan Berbahaya lainnya.
OMG, semua ini adalah kuliah Bu Ela zamannya semester 5! reminding me to campus, food tech n UNPAS! HIHIHI,,, apalagi pembicaranya dari BP POM sendiri. huaaah, mantabbbb.

Intisari dari diskusi ini adalah sebagai berikut:
1. PANGAN merupakan kebutuhan yang hakiki bagi kehidupan manusia, karena merupakan sumber energi dan berbagai zat gizi untuk mendukung hidup manusia. Maka sudah selayaknyalah PANGAN yang akan dikonsumsi harus aman (read: tidak membahayakan kesehatan atau keselamatan manusia). 5 kunci keamanan pangan adalah jagalah kebersihan, pisahkan pangan mentah dari pangan matang, masaklah dengan benar, jagalah pangan pada suhu aman dan gunakan air dan bahan baku yang aman! (JANGAN LUPA JUGA PANGAN YANG DIMAKAN HARUS HALAL!! OKEH?).
2. CARA MENGGUNAKAN OBAT YANG BENAR adalah minum obat sesuai najuran, penggunaan obat bebas terbatas jangan digunakan terus-menerus, jika anda menerima obat antibiotik maka harus diminum sampai habis walaupun sudah merasa sehat, jangan mencampurkan berbagai jenis obat dalam satu tempat, serta PERHATIKAN TANGGAL KADALUARSA DARI OBAT. PERINGATAN: HATI-HATI DENGAN OBAT PALSU dengan cara memeriksa obat dengan teliti dimulai dari kemasan, label obat, nama obat, tanggal kadaluarsa, serta belilah ditempat atao APOTEK yang terjamin, contohnya APOTEK SURYA DI JL.RAYA TIMUR NO 26 SINGAPARNA!! (PROMOSIIIIIII,,,,,!!! GRATESSSS!! GA BAKAL KENA UNDANG2 ITE KAN??).
3. OBAT TRADISIONAL adalah bahan atau ramuan berupa bahan tumbuhan, hewan, mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut. TANDA OBAT TRADISIONAL YANG SUDAH TERDAFTAR DAPAT DILIHAT PADA LABEL KEMASANNYA yaitu TR (untuk dlm negeri), TI (impor), TL (lisensi) dan FF (fitofarmaka atau sesuai persyaratan yang ditetapkan dan dapat diuji klinik!). HATI-HATI DENGAN JAMU YANG BEREDAR, DIMANA BANYAK DIMASUKAN OBAT-OBAT KIMIA UNTUK MENAMBAH KHASIAT DARI JAMU TERSEBU WASPADALAHHH, karena itu sangat membahayakan konsumen dengan efek jangka panjang!
4. MASALAH JAMU GENDONG berada dibawah pengawasan DINAS KESEHATAN masing-masing kabupaten/kota. JADI PINTAR-PINTARLAH MEMILIH JAMU GENDONG, KARENA ANDA SENDIRI YANG MERASAKANNYA. HANYA YANG PERLU DIGARIS BAWAHI adalah bagaimana air yang digunakan, kondisi personalia dari si 'mbo', kemudian kondisi keuangan sang pecandu jamu si mbo tadi (hehe,,, piss mboo,,pisss!).
5. KOSMETIK yang identik dengan kesantikan. Namun dalam pembuatannya harus berada di bawah pengawasan BP POM. karena kosmetik kontak langsung dengan kulit sehingga ditakutkan banyak efek yang timbul apabila tidak diawasi pembuatannya maka harus mengikuti persyaratan yang ditetapkan. HATI-HATI DENGAN BANYAKNYA KOSMETIK PALSU YANG BANYAK MENGANDUNG MERKURI DAN SENYAWA HIDROKINON YANG BEREDAR DIPASARAN. CERMATLAH MEMBELI. LOOK TO THE QUALITY, not quantity!! JANGAN LUPA LHAT KEMASAN, KADALUARSA dan tentunya BELILAH DI TEMPAT YANG BENAR2 TERJAMIN KEAMANANNYA.

so? enough for this topic?
untuk pengaduan ataupun informasi-informasi lanjutan harap hubungi unit layanan pengaduan konsumen (ULPK)bisa lewat email bpom_bandung@pom.go.id

nah, ini hanya sekilas info! masalah kandungan-kandungan apa yang berbahaya? atau apa saja bahan tambahan pangan yang aman dikonsumsi? apa efek samping obat? bagaimana cara membedakan obat palsu?perlukah mengkonsumsi suplemen? atau mungkin tips menggunakan kosmetik????? hhhhhhhh, mau tau jawaban-jawabannya??? Harap datang ke rumah saya dengan membawa sekilo apel merah, 2 kilo anggur hijau dan sekarton NU GREEN TEA isi 600ml! dijamin konsultasi akan lancarrrrrr,,,, (hehehe....!!.

sekian sekilas info hari ini, semoga besok akan sama menyenangkannya dengan hari ini! terima kasih atas perhatiannya, wassssssaalaaammmm...

^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar