Kamis, 19 Maret 2009

Days at MAKAH


Nasib membawa gw bisa berkunjung ke kota ISLAM ; MADINAH & MEKAH.
Sebuah perjalanan hidup yang sedikit menggugah keimanan gw sebagai seorang muslim.
Adalah Airport King Abdul Ajiz di Jeddah, tempat pertama yang gw singgahi. perjalanan jakarta-jeddah kurang lebih 10 jam. tidak cukup menguras tenaga, karena selama perjalanan gw tertidur dengan nyenyaknya. sesekali pramugari yang cantik jelita membangunkan untuk makan ato sekadar minum teh.
Kota Jeddah ini memiliki airport international yang sudah lumayan bagus! (asal jangan bandingin dengan punyanya Malaysia yang punya fasilitas sedikit lebih canggih! apalagi sama airport di Amerika n Eropa! fiuuuh jauuuuuh!). Okeh, kembali ke laptoooop (hehe..),,, setelah melalui pemeriksaan yang berlapis-lapis, dengan antrian yang amat sangat panjang dan sedikit melelahkan, "astagfirullaaah, sesulit inikah masuk ke rumah-Mu ya Alloh!!!!" (halaaah, didramatisir niy..). Tapi ternyata emang bener, kalo doa orang yang teraniaya itu sedikitnya lebih banyak dikabul oleh Maha Pencipta! Haha, buktinya, meski antrean ga berkurang, dengan ngeliat petugas imigrasi yang cakep-cakep, muda dan uuugh..!! hidung macung, kulit putih, tinggi tegap, "subhanaloooh, indah sekali ciptaan-Mu!" (haha, gila ya? Sempet-sempetnyaaaaaa cuci mataaaa! padahal ini perjalanan ibadah booo! ada aja setan-setan yang gangguin! ugh!).
Dari Jeddah perjalanan dilanjut ke Madinah, kurang-lebih memerlukan waktu 7 jam. fiuuuuh, catet ya, dari Jakarta ke Jeddah 10 jam, duduk di pesawat, nyampe di Jeddah trus istirahat setegah jam, trus duduk lagi di bis 7 jam buat ke Madinah. "hmmmm, kuatkanlah hamba-Mu ini!" (ni loba ngeluh gini ya? ampuuun dah!).


Di Madinah nyampe midnight gitu, rasa lelah, sakit pinggang, pegel linu, pusying dan sakit kepala, (halaaaah, diborong gini), semua rasa terobati dengan melihat indahnya Mesjid Nabawi di malam hari.
"Mesjid Nabawi dibangun oleh Rasulullah bersama para sahabat pada awal tahun 1 Hijriah atau segera setelah beliau hijrah dari Mekah ke Madinah", kata pembimbing jemaah umroh.
"Rasulullah bersabda, barang siapa sholat di masjidku ini lebih utama daripada sholat seribu kali di masjid lain kecuali di Masjidil Haram", katanya lagi.
Bukan karena sok-sokan pingin pahala sepuluh kali lipatnya, gw dengan excited beresin barang-barang ke kamar hotel yang kebetulan ga jauh dari mesjid, trus mandi, sholat, wudhu, trus langsung cabut ke mesjid. tapi sangat disayangkan ketika gw nyampe depan gerbang, pintu mesjid masih tutup!. kembali ke penginapan, gw lagi sibuk dicariin ibu-ibu arisannya si mama.
"kamu kemana aja, neng?",
"ih, kamu tuh ngerti ga bikin panik orang-orang! dikirain ketinggalan di bis!", kurang lebih seperti itulah omelan-omelan mereka.
dan gw dengan entengnya ngejawab, "tadi langsung ke mesjid bu! tapi kok blum dibuka ya?".
"mesjid nabawi itu dibuka sebelum subuh! jam 3-an lah! ini masih kepagian! ntar se-jam-an lagi, neng! udah sana istirahat dulu! ntar barengan aja ma ibu kesana!", gitulah kata salah satu ibu yang paling kecil tapi paling cereweeeeeeet (hihi).
Mesjid Nabawi ini mesjid yang menurut gw indah banget, apalagi atapnya bisa dibuka-tutup gitu, gw paling seneng nungguin atap mesjid yang setengah bola pas ngebuka siang-siang, otomatis sinar matahari langsung masuk ke dalam. Indaaaah, kalo ga diliatin askar-askar cwe (udah tinggi, gede, pake baju item, bercadar, sering melotot lagi), ugh pengen banget gw foto tu atap pas mo buka! Kereeeeen!. Emang siy penjagaan di mesjid ini bisa kebilang BERLEBIHAN. Jangankan foto-foto, tiduran aja ga boleh. Padahal adem gitu. Gw pernah diem aja di mesjid seharian, males banget balik ke penginapan karena di luar panasnya bangeeeedddd. Pas gw mo tiduran, si askar nyamperin gw, trus bilang, "siti rahmah, haram! !@#$%^$%&*", selebihnya gw ga ngerti tu orang ngomong apa baca Quran. Yang gw tangkep “haram” berarti gw ga boleh titiduran disitu ato palingan gw disuruh ngaji aja kalo mau diem disitu (gileee, pemaksaan banget kan? ape perasaan gw aje ye? ugh...!!).


Hal yang gw tau dan mama gw bilang “Jangan lupa ngunjungin Raudah”. Dimana Raudah ini adalah tempat didalam Mesjid Nabawi yang berada diantara rumah Nabi (yang sekarang jadi makamnya Rasulullah SAW) sampai mimbar mesjid. Dimana ada sebagian yang mengatakan bahwa “raudah itu bagian dari taman surga”. Berbahagialah kalian kaum adam (halah, anak-anak cwo maksudnyeee!!), soalnya bisa sholat disana tiap waktu. Sedangkan bagi kaum hawa, alias yang ngerasa dirinya cwe, Raudah hanya dibuka 3 kali dalam sehari, jam 9-10 pagi, abisan dzuhur, sama abisan isya (itupun waktunya bentar cuma 1 jam). Bukannya sok-sokan pengen lama, tapi ya? didesek-desekannya itu looh, pokonya palingan punya waktu 10 menitanlah di dalem. soalnya pasti diseret keluar dengan paksa dan tanpa prikemanusiaan. gw aja yang lagi sholat sunat ga jadi, soalnya baru mo sujud dah didorong! udah mah mewek gara-gara kagum bisa masuk ditambah pala gw keinjek! sadis banget deh!!! Tapi gw ga kapok, hampir tiap dapet kesempetan gw datang kesana. Hehe, adu kekuatan ma cwe-cwe Pakistan yang badannya GEDE-GEDE dan berotot. (Hihi, maafkaaaaan!!!).
Di sebelah timur mesjid Nabawi ada Makam Baqi. Dimana didalam makam ini ada sahabat nabi yaitu Usman bin Affan RA, para istri dan putra-putrinya Nabi Muhammad SAW, dan para jamaah yang meninggal di Madinah akan dimakamkan disini.
Ga hanya mesjid Nabawi yang gw kunjungin di Madinnah, gw juga ngunjungin Mesjid Quba. FYI, mesjid quba ini adalah mesjid pertama yang dibangun Rasulullah SAW, dan “orang yang melakukan sholat di mesjid quba ini akan sama pahalanya dengan melakukan umroh sekali".
Trus perjalanan berlanjut ke Mesjid Qiblatain, lalu belanja ke kebun korma, masuk ke percetakan al-quran (dimana hanya kaum adamlah yang bisa masuk! Selebihnya para ibu-ibu, tante-tante dan anak muda kayak gw ini hanya bisa ngeliat hasil dari percetakan di toko alquran yang ga jauh dari tempat percetakan yang sedang dinikmatin para ADAM! Dan gw ngeliat tafsir alquran ada dari semua bahasa! Gw tertarik dengan yang versi Inggris! Hehe..sok-sok ngerti gituh! Padahal mah… “waeeee!!”). Truuuus, ga ketinggalan juga gw nyobain naek onta di jabal rohmah (dengan bayar 5 real lhoo! Ga grates!). Dimana menurut cerita, di Jabal (ato bisa dibilang pegunungan!) inilah Nabi Adam dan Siti Hawa bertemu setelah berpisah beberapa lamanya. Makanya ada sebagian yang menamakannya ‘Tugu Kasih Sayang’ (tapi disini kita dilarang berdoa, ini tuh cuma tugu peringatan aja! Gitu menurut sumber yang dipercaya! Halah!!). Yang paling asyik ketika mengunjungin daerah Jabal Magnet. Dimana ditempat ini ada fenomena alam yang unik dan diyakini bahwa di daerah ini memiliki daya magnet. Buktinya ada jalan (kurang lebih 4 km) dimana bis yang gw tumpangi berjalan dengan kecepatan tinggi meski persneling dalam keadaan normal. Gila ga?? Asyik aja, kayak naek alap-alap-nya dufanlah (sedikit bikin deg-degan! Hehe, tapi bikin kebanyakan ibu-ibu panik!!). Maklum jiwa anak muda emang beda banget ma yang tua. Haha.


Lanjut ke Mekah, dengan memakan waktu 4 jam dari Madinah, sampailah di kota terindah di jagat raya ini. Kota dimana ada Masjidil Haram yang sangat diagungkan seluruh Umat Muslim. Gw sendiri ketika nginjakin kota ini ngerasa sedikit berbeda, apalagi ketika masuk ke Mesjidil Haram…ugh, jangan tanya perasaan gw kayak apa! Soalnya “believe it or not” gw cuma bisa nyucurin air mata gw. “Ga nyangka aja bisa kesini”, gitu deh pikiran gw. Dan ketika pertama liat Ka’bah, “Allohu Akbar!!”, cuma itu yang bisa gw ucapin.
Di Mesjidil Haram juga sama ketatnya dengan Mesjid Nabawi, tapi karena gw yakin para askar (alias penjaga! Ugh, sumpah gw benci mereka!) disini ga sebanyak di Mesjid Nabawi. Suatu hari gw bawa kamera, dan gw bersyukur ukurannya kecil dan bisa gw genggam dan satuin dengan kantong plastik buat nyimpen sandal gw. Lewat pintu masuk ada pemeriksaan, gw lolos (Yippy!!). Dan gw dengan pede-nya nyuruh kenalan gw yang menurut gw sama-sama narsisnya ama gw. Untungnya lagi itu anak seumuran ma gw dan gantianlah kita berfoto deket Ka’bah. Setelah say thanx, pas gw balik, CRAP!!!!! ada askar disana, ngeliat gw yang nenten kamera. Tu askar lalu melotot, dan ngelambai ke gw. Tanpa pikir panjang gw balik arah daaaan “kabuuuuuuuur”. Kejar-kejaranlah kita. Foto dapet, kamera selamat, dan gw masih ngos-ngosan. Sembunyi di pinggir tiang gede dengan pandangan aneh orang-orang yang lagi asyik ‘tadarusan’. (hehe, jago juga gw bisa ngindarin para algojo! Meski tatapan orang-orang yang disekitar situ kayaknya prihatin ngeliat keadaan gw! whateveeeer!!). Pengalaman yang ga kan pernah gw lupain dan alhasil dapet penghargaan ‘omelan panjang’ dari ibu pembimbing gw gara-gara seharian itu gw ga balik-balik ke penginapan. Duh.
Feel”-nya beda aja ketika sholat di rumah sama di Mesjidil Haram. Sambil ngeliatin Ka’bah langsung lagi!! Sempet gw bela-belain sholat deket tangga, karena gw pingin banget didepan gw tuh yang gw liat pas pertama setelah salam adalah ka’bah. Dan beruntungnya gw bisa pas, dan ngeliat pintu Ka’bah di hadapan gw. Indahnyaaa.
Hal kedua yang ga akan gw lupain ketika gw berhasil nyium Hajar Aswad dan bisa berdoa diantara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah, ato orang-orang bilang “Multazam” (katanya orang yang bisa berdoa disitu bakal dikabulin! Amiiiiin!). Butuh usaha yang keras, antara hidup dan mati, berdesakan dengan ribuan orang, ga kenal usia atopun memandang itu cwe ato cwo. Edan deh, gw aja biru-biru gitu, kaki gw bengkak keinjek-injek. Tapi sebandinglah dengan hasil yang gw dapetin. (Haha, gw gituuuu!!!).
Terakhir gw city tour di daerah Jedah, belanja parfum, trus ngeliat Laut Merah dan mesjid terapung, dan terakhir balik lagi ke Airport untuk balik lagi ke kota tercinta.

Sungguh perjalanan yang indah dan menambah sedikit keimanan dalam diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar